CERIA#2 : CERAMAH RAMADHAN BA’DA ASHAR 2
APPKI sebagai organisasi himpunan program studi pendidikan keagamaan Indonesia melaksanakan kajian di bulan Ramadan yang kedua dengan tema “Kepedulian Sosial di Bulan Ramadan”yang dilaksanakan pada hari Kamis 21 Maret 2024 pada pukul 15.30-16.30.

Kajian dilaksanakan melalui Zoom meeting sebagai bentuk silaturahmi mahasiswa dan dosen serta menambah ilmu pengetahuan jelang berbuka puasa mengenai ibadah sosial. Pada kajian kedua inidiisi oleh narasumber yang merupakan dosen Pendidikan Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang yakni ustadz Khalid Ramdhani M.Pd.

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran yang dipimpin oleh mahasiswa UPI Muhammad Aksaril Huda Ritonga, kemudian dilanjut dengan kata sambutan oleh ketua 1 Asosiasi Program Studi Pendidikan Keagamaan Islam Dr. Agus Fakhrudin, M.Pd, dan dilanjut dengan sesi tausiyah beserta tanya jawab. Pada kajian ini dijelaskan bagaimana usaha kita untuk mengoptimalkan ibadah di bulan suci Ramadan dengan melakukan ibadah sosial, sehingga dapat dijadikan sebagai bentuk peningkatan ketakwaan kepada Allah SWT.

Kajian yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa ini menunjukkan eratnya ukhuwah program studi keagamaan Indonesia untuk selalu menjalin silaturahmi dan melaksanakan kebaikan.

Kajian kedua ini demoderatori oleh Abu Warasy Batula, mahasiswa IPAIUPI dan dibantu oleh panitia, tim mahasiswa UPI yang berkoordinasi dengan pengurus dari APPKI. Kegiatan kedua ini adalah bentuk dari berkesinambungan kajian selama bulan suci Ramadan yang sudah dilaksanakanya CERIA pertama pada 18 Maret 2024 dan akan dilakukan secara bergantian oleh dosen dan tim mahasiswa dari beberapa program studi anggota APPKI yang akan menjadi narasumber dan pengelola acara secara bergantian.

Banyak sekali pelajaran yang didapatkan dari kajian kedua ini diantaranya adalah kita harus selalu meningkatkan semangat ibadah pada Bulan Ramadan dan bulan-bulan lainnya. Serta mengoptimalan ibadah sosial dapat dilakukan dengan menunjukkan sikap peduli kita terhadap sesama yang bisa dilakukan dengan cara bersedekah dan memberi makan fakir miskin bahkan berdonasi untuk saudara kita yang berada di Palestina.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sebuah kolaborasi yang Solid dan berkesinambungan serta dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi dosen dan mahasiswa Prodi anggota APPKI

Kegiatan kajian kedua ini dapat diakses kembali serta ditayangkan ulang melalui link YouTube berikut :