Direktorat PAI Berikan Apresiasi untuk Guru dan Dosen PAI

//Direktorat PAI Berikan Apresiasi untuk Guru dan Dosen PAI

Direktorat PAI Berikan Apresiasi untuk Guru dan Dosen PAI

Serpong (Pendis) – Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dit. PAI) Ditjen Pendidikan Islam menganugerahkan Apresiasi Pendidikan Agama Islam (API) kepada 15 (lima belas) Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dan Dosen Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Penganugerahan itu diserahkan oleh Direktur Pendidikan Agama Islam, Imam Safe`i, pada acara Malam Penganugerahan Apresiasi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama yang berlangsung di ICE BSD Serpong Tangerang Banten, 23 November 2017. Hadir dalam kesempatan itu Menteri Agama, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, dan sejumlah pejabat serta masyarakat yang memenuhi ruangan acara.

Imam Safe`i menuturkan bahwa apresiasi ini merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian Agama untuk merekognisi dan menghargai guru dan dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kontribusi dalam dunia pendidikan, sesuai kategorinya masing-masing. “Ada 3 (tiga) kategori yang diberikan, yakni Guru Pendidikan Agama Islam Inovatif, Guru Pendidikan Agama Islam Dedikatif, dan Dosen Pendidikan Agama Islam Produktif. Dari masing-masing kategori disediakan untuk 5 (lima) orang, berdasarkan kriteria dan proses tertentu yang telah dilakukan,” papar Imam Safe`i di sela-sela acara.

“Pada dasarnya, semua guru dan dosen PAI berhak untuk mendapatkan apresiasi ini. Oleh karenanya, ke-15 orang ini bukan berarti menafikan guru atau dosen lainnya. Dan antara para penerima apresiasi itu tidak ada juara. Mereka menempati pada posisi yang sama, berdasarkan kategorinya masing-masing,” papar Imam Safei lebih lanjut. “Diharapkan, para guru dan dosen PAI yang telah menerima apresiasi itu ke depan mampu memberikan kontribusi yang lebih nyata lagi terutama dalam menyebarkan pemahaman keagamaan yang wasathiyah dan moderat,” pinta Direktur.

Beberapa guru dan dosen yang mendapatkan apresiasi adalah sebagai berikut. API untuk kategori Guru Pendidikan Agama Islam Inovatif secara alvabetis diberikan kepada Ahmad Faisal (SMPN 7 Selindung, Pangkal Pinang, Bangka Belitung), Mahmud Fauzi (SDN Wonosari Baru, Gunung Kidul, Yogyakarta), Nur Dewi Afifah (SMAN 97 DKI Jakarta), Nurul Muhson (SMPN 3 Pontianak, Kalimantan Barat), dan Said Wahid (SMAN 1 Gondang, Mojokerto, Jawa Timur)

API untuk kategori Guru Pendidikan Agama Islam Dedikatif secara alvabetis dianugerahkan kepada Asep Syaefurrachman (SMA Negeri 1 kota Cirebon, Jawa Barat), Endang Purwanti (SMPN 2 Pesisir Tengah, Pesisir Barat Lampung), Jun Suhaidi (SMAN 1 Teluk Sebong, Tanjung Pinang Timur, Kepulauan Riau), Junaidi (SMAN 5 Padang), dan Rusini (SDN 008 Sangata Utara, Kutai Timur).

Sementara untuk kategori Dosen Pendidikan Agama Islam Produktif diraih oleh Marzuki (UNY), Muhammad Zaenuddin (Politeknik Batam), Nurwahidin (Universitas Indonesia), Sari Narulita (Universitas Negeri Jakarta), Yedi Purwanto (ITB Bandung). (Swd/dod)

sumber: pendis.kemenag.go.id

2017-12-01T03:28:24+00:00